Diary's Sisca

Friday, May 6, 2011

tips memulai bisnis usaha makanan

Beberapa hari yang lalu, ada seorang teman yang bertanya kepada saya, tentang bagaimana memulai bisnis makanan (resto). Sebenarnya, saya sendiri baru sekali mencoba usaha makanan. Itupun termasuk bisnis rumahan bukan membuka warung.

Saat itu saya baru melahirkan putri saya yang kedua, saya mempunyai seorang pembantu yang pernah bekerja pada sebuah toko kue. Kebetulan produk utamanya BROWNIS KUKUS. Sekitar pertengahan tahun 2007, brownis kukus belum begitu menjamur di malang. Ketika pembantu saya mengusulkan pada saya bagaimana kalau saya mencoba peluang itu, saya langsung tertarik. Singkat cerita, saya memulai usaha brownis kukus. Sistemnya pada saat itu adalah, saya menitipkan brownis ke toko kue dan pusat oleh oleh yang kebetulan banyak terdapat di kota saya.

Awalnya, penjualan brownis kukus produksi saya lumayan laku. Tetapi setelah beberapa bulan, semakin merosot. Dan akhirnya tidak laku :(
Ternyata setelah saya pelajari, pertama kesalahan saya adalah saya kurang inovatif dalam berkreasi.Dan yang terpenting, saya tidak mempunyai keahlian dalam membuat brownis kukus dengan kata lain seluruh proses pepmbuatan brownis dikerjakan pembantu saya :)
Akhirnya saya berhenti membuat dan berjualan brownis kukus.

Tetapi, saya jadi mendapatkan pelajaran yang berharga dari sebuah kegagalan. Berikut ini tips yang bisa saya bagi kepada anda, apabila anda ingin membuka sebuah usaha berbasis makanan :


1. Pertama wajib dilakukan adalah pilih makanan yang dikuasai, baik itu resep dan cara pembuatannya.
2. Mulailah usaha anda dari yang sederhana dan gampang dikerjakan terlebih dahulu
3. Lihat baik-baik peluang di sekitar anda, Lakukan riset makanan apa yang belum ada di sebuah kawasan.
4. Kalaupun sudah ada bisnis makanan yang serupa, anda harus berani membuat inovasi baru untuk restoran anda.
5. Untuk harga jual makanan nantinya, sebaiknya jangan terlalu mahal, jika tidak pelanggan seperti bintang ini yang bergaji pas-pasan nggak bisa datang :D. Karena dalam tahap memulai sebuah bisnis seperti ini yang penting adalah pelanggan datang.
6. Keramahan. Ini kunci sukses peluang usaha ini….jika ingin menarik pembeli, semua pekerja termasuk anda haruslah ramah.
7. Selain ramah pelayanan restoran juga harus cepat
8. Kebersihan harus menjadi prioritas utama. Restoran anda nantinya wajib terlihat bersih, tidak ada lalat, jangan ada debu yang menempel termasuk juga pekerja anda harus bersih.
9. Turuti keinginan pelanggan anda. Umpamanya dia meminta pesanan khusus untuk makanannya, misal dia ingin makanan dengan sedikit garam, tidak terlalu pedas dll
10. Jam buka dan tutup usaha restoran anda harus teratur.

Selain itu, ada alternatif pilihan lain adalah dengan mengikuti franchise makanan atau minuman yang sudah mempunyai nama. Sekarang kan sudah banyak franchise yang cukup terjangkau, misalnya produk minuman teh atau jus. Kemudian anda bisa menyewa stand di Mall atau menyewa teras di minimarket yang ada di kota anda utnuk menjual produk anda.

Begitulah sedikit pengalaman yang bisa saya bagi buat anda...semoga bermanfaat dan semoga berhasil ^^

2 Comments:

Anonymous suduthati said...

pertamaxxx nih *_*
nice posting...thanks ya infonya. ntar nyobain achhhhh....

May 6, 2011 at 2:47 AM  
Blogger sisca said...

same same thanks a lot juga. smoga bermanfaat

May 6, 2011 at 8:44 AM  

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home